efek


Sunday, May 8, 2016

Granuloma umbilicalis

Nah pemirsah saya mau berbagi pengalaman tentang si "GRANULOMA" ini. Pas baca-baca artikel kesehatan tadi saya nemu artikel tentang si daging tumbuh ini makanya saya mau share pengalaman saya pemirsah... hehehe

Begini ceritanya, anak saya dulu puput pusarnya kan (puput pusar ngerti kan pemirsah?) pas seminggu setelah lahir, dan sepertinya sih karena lepas secara paksa akibat terlalu aktif dedenya... alhasil beberapa hari kemudian, di pusarnya "nongol"lah si granuloma ini.. warnanya merah seperti luka, saya pikir pusarnya terluka jadi saya bawalah ke klinik tempat dia lahir. Berhubung pagi hari belum ada dokter, jadi bidan yang memeriksa jg belum bisa memastikan itu apa, jadi hanya disuruh tutup dengan kasa aja agar cepat mengering...

Beberapa hari kemudian bukannya kering malah makin gede seperti biji kacang tanah. Karena males bolak balik ke klinik akhirnya nanyalah saya ke mbah google hehehe...
Dan ternyata oh ternyata namanya granuloma umbilikalis alias si daging tumbuh.

Jadi rajin deh saya googling apa dan bagaimana si granuloma ini serta cara penanganannya... rata2 artikel yang saya temui sih menyarankan kauterisasi alias mengoleskan cairan "silver nitrat". Berhubung saya ga tau apa itu silver nitrat dan pada saat itu perasaan belum banyak artikel tentang obat si granuloma ini, maka topik googlingnya saya ganti jadi "pengalaman granuloma umbilikalis" biar bisa tau bagaimana pengalaman  mereka yang udah pernah ngalamin, jadi pasti ada tips and trik ehehehee...

Alhasil, saya nemu satu artikel yang membahas pengalaman dia sama babynya yang menderita granuloma juga dan babynya diharuskan operasi, tapi karena ngeri sama operasi akhirnya dia nyari dokter ahli yang lain dan kebetulan dia crita juga hasil konsultasinya dengan dokter tersebut...
Dan sang dokter menyarankan agar pusar si dede di olesin Albothyl setiap habis mandi menggunakan cotton bud... (artinya dikit aja bu, jangan banyak2). Saya lupa pula situs webnya untuk artikel ini... nantilah klo ketemu saya share linknya ya pemirsah... ^_^

Dan segeralah saya cobain tips dari artikel tersebut. Alhasil dua hari setelah diolesin Albothyl, pusar anak saya udah mulai menghitam.. (tadinya sih mikir juga, ini hitam mo sembuh apa hitam coz efek yg lain hahaha maklum pemirsah saya rada parno klo sama baby...)

Menjelang hari keempat... jeng jeng jeng... si granuloma yang udah menghitam tadi pun lepas dr pusar anak saya dan pusarnya mengering secara total... yey... alhamdulillah... leganya hatiku... akhirnya sembuh juga pusar anak saya dan saya pun nggak kuatir lagi saat akan memandikan si kecil...

Oke pemirsah sekian cerita dari saya semoga bermanfaat bagi anda semua... maaf saya nggak sertain foto karena saat itu saya lupa ambil foto pusarnya dede... (maklum pemirsah saya sibuk googling)

23 comments:

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  2. Bun babyq juga mengalami ini, udah semingguan pke albotil skrg kondisi daging pusarnya berwarna hitam dan menciut, tp kok sekarang area pusarnya berwrna pink ya? Sya khawatir takut infeksi atau kenapa2...mohon pencerahannya bun 😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf ya Bunda baru buka blog yg ini setelah sekian lama haha... maklum punya blog yg lain hehe..
      klo pengalaman saya dulu diolesin albothylnya dikit sekali pake cotton buds, trus cm oles di daging yg numbuh saja ga kenain ke kulit sekitar pusar soalnya setau saya albothyl tu agak keras reaksinya. Jd mungkin kulit sekitar pusar yg berwarna pink akibat terpapar albothyl. Sebaiknya bagian yg berwarna pink itu dikonsultasikan ke dokter Bun, biar lebih jelas. Pusar anak saya dulu setelah menghitam sekitar 3hr kmudian jd keras sprt batu lalu jatuh sndiri Bun..

      Delete
    2. Maaf ya Bunda baru buka blog yg ini setelah sekian lama haha... maklum punya blog yg lain hehe..
      klo pengalaman saya dulu diolesin albothylnya dikit sekali pake cotton buds, trus cm oles di daging yg numbuh saja ga kenain ke kulit sekitar pusar soalnya setau saya albothyl tu agak keras reaksinya. Jd mungkin kulit sekitar pusar yg berwarna pink akibat terpapar albothyl. Sebaiknya bagian yg berwarna pink itu dikonsultasikan ke dokter Bun, biar lebih jelas. Pusar anak saya dulu setelah menghitam sekitar 3hr kmudian jd keras sprt batu lalu jatuh sndiri Bun..

      Delete
  3. Hmmmpp ia nih bund.. kondisi anak saya jg sama.. sudah 9 hari menggunakan albotyl, daging nya sudah berubah hitam kering,tp belum lepas juga dan di sekitar area pusar berwarna pink. Kira2 kenapa yah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. area yg berwarna pink mungkin akibat terpapar albothyl bun, sebaiknya kasih albothyl di bagian daging yg tumbuh saja bun usahakan jgn terkena kulit perutnya karena kulit bayi masih sangat tipis sehingga rentan sama albothyl yg agak keras reaksinya. sebaiknya bunda konsul ke dokter agar gak iritasi.

      Delete
    2. area yg berwarna pink mungkin akibat terpapar albothyl bun, sebaiknya kasih albothyl di bagian daging yg tumbuh saja bun usahakan jgn terkena kulit perutnya karena kulit bayi masih sangat tipis sehingga rentan sama albothyl yg agak keras reaksinya. sebaiknya bunda konsul ke dokter agar gak iritasi.

      Delete
  4. Hmmmpp ia nih bund.. kondisi anak saya jg sama.. sudah 9 hari menggunakan albotyl, daging nya sudah berubah hitam kering,tp belum lepas juga dan di sekitar area pusar berwarna pink. Kira2 kenapa yah?

    ReplyDelete
  5. Bund anak saya jg seperti ini , tp nyari albothyl skrg susah ,, katanya sudah ditarik dr pemerintah..nyari di apotek sana sini ga ada,, harus gmn bund saya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kasusnya sama ama anakku. Dulu sama DSA direaepin salep Fuladic, sampe 2 tub ngga ada perubahan. De Bedah anak bilang second op pake albo, cm skrg susah. Ini teman yg kerja di Pat ph*r*s coba cek gudang, siapa tau masih ada sisa stok albo. Albo memang sdh ditarik dr pasaran bind, makanya gak bakal dapet dipasaran.

      Delete
  6. baby saya jg ngalamin hal yg sama bun. Tp mau nyari albo nya dimana yaa. Atau alternatif obat lain apa ya bund.
    Oiya, mohon bantuanny bunda Lia Siahaan siapa tau msh ada digudang saya mau titip yaa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dibukalapak Bun..nama pelapak adelina.semoga bermanfaat.trimakasih

      Delete
  7. Bunda, pusernya itu diolesin albotyl terus ditutup kassa gak? Atau dibiarkan aja. Pake kaos singlet gitu.

    ReplyDelete
  8. Alhamdulillah saya bisa menemukan albotyl dibukalapak..dan anak saya yg punya kasus serupa kini sembuh.cepet Bun beli dibukalapak sebelum kehabisan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bun klo boleh saya beli albo nya klo msh ada sisa soalnya di bukalapak udah kosong, tolong bantuannya bun:(

      Delete
    2. Gmn bun dpt gk abothyl ny,,klo dpt klo msh ada sisa aq mau dong bun

      Delete
    3. Bunda esti msh ada stok gk atu sisa pemakain bunda,aq mau dong bun.tolong bantuan ny

      Delete
  9. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  10. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  11. setelah dikasih albotil ditutup pke kasa g bun.

    ReplyDelete
  12. Ada yg punyakh stok albo nya please

    ReplyDelete
  13. saya juga kesulitan mencari albotyl, akhirnya mencoba garam dapur, karena itu sebenernya otot, jd dia ga perih, 3 hr alhdulillah yg seperti buntut masuk kembali ke dlm dan sekarang pusarnya normal kembali. krn granuloma ini tiap anak berbeda2, anak ipar saya didiamkan saja masuk sendiri, ada juga yg hrs dioperasi krn nyambung ke usus, jd mungkin hasilnya pun akan berbeda2, ada yg menghitam dan putus, atau seperti saya masuk ke dlm.

    ReplyDelete
  14. Anak saya juga seperti itu bun . Nyari albo susah . Tp, saya pake betadine masih belum kering . Pake garam dapur bisa kah ?

    ReplyDelete